MAju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki." (Matius 26:39)
Musa dan Harun serta anak-anaknya membasuh tangan dan kaki mereka dengan air dari dalamnya. Apabila mereka masuk ke dalam Kemah Pertemuan dan apabila mereka datang mendekat kepada mezbah itu, maka mereka membasuh kaki dan tangan--seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa. (Keluaran 40:31-32)
Maka pergilah Musa dan Harun dari umat itu ke pintu Kemah Pertemuan, lalu sujud. Kemudian tampaklah kemuliaan TUHAN kepada mereka. (Bilangan 20:6)
Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau, dan Aku akan membuat engkau sangat banyak." Lalu sujudlah Abram, dan Allah berfirman kepadanya: (Kejadian 17:2-3)
Versus :
6. Kristen mengajarkan bernyanyi di gereja sesuai perintah Paulus.
dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati. (Efesus 5:19)
Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu. (Kolose 3:16)
NB:
Menyanyi di gereja bukanlah ajaran Yesus, tetapi ajaran Paulus (Efesus 5:19).
TANGGAPAN 6 :1. Apakah ada kewajiban bagi umat Kristiani untuk Berpuasa?Doa dan Puasa adalah bagian dari kehidupan umat Kristiani, namun demikian pelaksanaannya Puasa adalah pilihan dari umat, Tidak ada kewajiban untuk berpuasa tetapi itu bisa dilaksanakan sebagai bagian dari ibadah (lahir dari keinginan pribadi).
Apakah Yesus Kristus mengajarkan agar kita berpuasa?
Ya, Yesus mengajarkan agar murid-muridNya untuk berpuasa. Yesus berkata:
"Dan apabila kamu berpuasa,..." (Matius 6:16). Kata apabila
artinya adalah sebagai orang Kristen, pada suatu saat kita akan berpuasa. Hanya waktunya sebaiknya tidak diwajibkan oleh gereja, karena niat berpuasa timbul dari masing-masing pribadi.
Apa yang Yesus Kristus ajarkan ketika umatNya berpuasa?
Sedapat mungkin agar tidak ada orang lain yang tahu jika umat Kristen sedang berpuasa. Puasa bukan untuk "show" / pameran ibadah. Biar hanya Tuhan yang tahu dan memberi upah kepada umat. Oleh karena itu ibadah Kristiani tidak mewajibkan waktu puasa.
Pelaksanaan yang tercatat dalam Perjanjian Baru, sbb :
1. Puasa Yesus, 40 hari 40 malam tidak makan (Matius 4:2)
2. Puasa Yohanes pembabtis, tidak makan dan tidak minum (Matius 11:18)
3. Puasa Paulus, 3 hari 3 malam tidak makan, tidak minum dan tidak melihat (Kisah 9:9)
4. Puasa Jemaat mula-mula, untuk menguatkan Paulus dan Barnabas dalam pelayanan (Kisah 13:2-3)
2. Apakah ada kewajiban bagi umat Kristiani untuk Berwudlu dan bersujud?Definisi doa adalah adalah sebagai berikut : Hubungan persekutuan dengan Allah di dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Atau lebih tepatnya Doa adalah komunikasi pribadi dengan Allah. Prinsip yang mendasarinya adalah prinsip kekudusan bukan tingkah laku agamawi.
"Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada permohonan (doa) mereka..." (I Petrus. 3:12).
Doa disini adalah menekankan aspek rohani-nya buka jasmaninya, yang mengharuskan umat untuk berwudlu dan melakukan gerakan-gerakan tertantu dan ditentukan oleh waktu tertentu (tata cara berdoa). Berdoa yang benar adalah : berdoa dalam roh dan kebenaran, bukan rutinitas dan tata cara jasmaniah, bukan pula ketentuan jumlah berdoa dalam satu hari; tidak terbatas pada ruang dan waktu; tidak harus memakai pakaian tertentu; Kita bisa setiap saat berdoa! inilah
the simplicity of the Gospel!
IMAN KRISTIANI tidak mempermasalahkan tata cara berdoa; sujud; duduk; tangan dilipat; mengangkat tangan; berdiri; berteriak; berbisik; menangis dan sebagainya. Tidak ada ketentuan jam-dan waktu (Efesus 6:18) :
* Efesus 6:18
dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus,Tidak ada ketentuan untuk harus memakai pakaian tertentu jika berdoa; tidak ada koreografi tertentu untuk berdoa; Doa bukanlah sekedar pengucapan mantra yang diulang-ulang; Tepatnya tidak ada syariat yang mengikat tentang tata-cara penyembahan dan pengucapan doa. Dan Tuhan Yesus sudah memberikan contoh-contohnya. Kamipun sering melakukan doa dengan sujud seperti yang dilakukan Yesus dan itu diperbolehkan, Tetapi iman Kristen tidak mengharuskan harus selalu bersujud .
Alkitab berkata,
"Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah yang benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran." (Yohanes 4:23). Dalam sembah sujud dan berbakti kepada Tuhan ada dua unsur penting:
Pertama, yaitu berbakti dengan jujur, berbakti di dalam kebenaran; ini suatu aspek fungsi rasio.
Kedua, berbakti di dalam roh, berbakti di dalam kuasa Roh Kudus, ini aspek rohani. Iman mencakup dua wilayah; wilayah rasional dan wilayah spiritual. Wilayah rasional bersangkut-paut dengan fungsi pikiran. Wilayah spiritual bersangkut paut dengan fungsi kita berbakti dan memuliakan Allah.
* Yohanes 4:24LAI TB,
Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran." TR,
πνευμα ο θεος και τους προσκυνουντας αυτον εν πνευματι και αληθεια δει προσκυνειν Translit. Interlinear,
pneuma {Roh} ho {(itu)} theos {Allah} kai {dan} tous {(orang-orang yang)} proskunountas {menyembah} auton {Dia} en {dalam} pneumati {roh} kai {dan} alêtheia {kebenaran} dei {harus} proskunein {menyembah}Allah mencari penyembah-penyembah yang benar yang bersesuaian dengan sifat-Nya. Dalam ayat diatas dijelaskan bahwa "Allah itu Roh", ini mengacu pada sifat asasi-Nya. Inilah dasar dan pola
ibadah baru yang ditetapkan Tuhan Yesus Kristus, dimana penyembahan bukanlah berdasarkan 'tempat' atau 'koreografi yang kasat mata' atau 'simbol' atau 'upacara' atau 'kiblat' atau berdasarkan 'lokasi' (baca Yohanes 4:21-22) melainkan berdasarkan hakekatNya, yaitu Roh. Segala perlambangan agamawi yang sudah dikenal dalam Perjanjian Lama dimaknai baru yaitu
penyembahan di dalam roh dan kebenaran.
Yesus Kristus terkadang berdoa dengan berlutut (Lukas 22:41,
"θεις τα γονατα - theis ta gonata", harfiah
"meletakkan lutut").
* Lukas 22:41 KJV,
Kemudian Ia menjauhkan diri dari mereka kira-kira sepelempar batu jaraknya, lalu Ia berlutut dan berdoa, kata-Nya:KJV,
And he was withdrawn from them about a stone's cast, and kneeled down, and prayed, TR,
και αυτος απεσπασθη απ αυτων ωσει λιθου βολην και θεις τα γονατα προσηυχετοTranslit,
kai {lalu} autos {Dia} apespasthê {menjauhkan diri} ap {dari} autôn {mereka} hôsei {kira-kira} lithou {batu} bolên {jarak lempar} kai {lalu} theis {meletakkan} ta gonata {lutut-lutut} prosêukheto {Dia berdoa}Ilustrasi :
* Matius 19:13-15
19:13 Lalu orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan mendoakan mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu.
19:14 Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga."
19:15 Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan kemudian Ia berangkat dari situ.Terkadang sambil duduk dan menumpangkan tangan-Nya (Matius 19:13).
Ilustrasi :
Tetapi Yesus Kristus juga berdoa sambil berdiri, misalnya sehabis dibaptis oleh Yohanes Pembaptis, Yesus Kristus pun berdoa:
Ilustrasi :
Para ahli Taurat dan orang Farisi pun (yang adalah termasuk pemimpin agama Yahudi) terkadang berdoa sambil "berdiri" (Matius 6:5, Lukas 18:11).
* Matius 6:5
"Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.
* Lukas 18:10-11
18:10 "Ada dua orang pergi ke Bait Allah untuk berdoa; yang seorang adalah Farisi dan yang lain pemungut cukai.
18:11 Orang Farisi itu berdiri dan berdoa dalam hatinya begini: Ya Allah, aku mengucap syukur kepada-Mu, karena aku tidak sama seperti semua orang lain, bukan perampok, bukan orang lalim, bukan pezinah dan bukan juga seperti pemungut cukai ini;Ilustrasi :
Para rasul yang berdoa dengan "berdiri" dan menumpangkan tangan buat orang lain (Kisah Para Rasul 6:6).
* Kisah 6:6
Mereka itu dihadapkan kepada rasul-rasul, lalu rasul-rasul itu pun berdoa dan meletakkan tangan di atas mereka.Yesus Kristus pun berpesan (baca: mengajar) kepada murid-murid-Nya tentang "berdiri untuk berdoa", lihat ayat ini :
* Markus 11:25
Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu."Bagi kami umat Kristiani, yang lebih penting adalah kesungguhan hati dalam berdoa, dapat saja ditunjang dengan sikap berdoa dengan bersujud yang "secara kasat mata" dapat bermakna merendahkan diri di hadapan Allah, namun hal itu tidak "diwajibkan" di dalam ajaran Kristen, ada banyak contoh-contoh dalam Alkitab berdoa dapat saja dengan berdiri atau duduk.
3. Apakah Menyanyi di gereja adalah ajaran Paulus?Musik dan nyanyian dalam peribadatan ada sejak dahulu kala, Musa menyanyi bersama bani Israel menyanyikan puji-pujian bagi Allah sebagai wujud penyembahan:
* Keluaran 15:1-3
15:1 Pada waktu itu Musa bersama-sama dengan orang Israel menyanyikan nyanyian ini bagi TUHAN yang berbunyi: "Baiklah aku menyanyi bagi TUHAN, sebab Ia tinggi luhur, kuda dan penunggangnya dilemparkan-Nya ke dalam laut.
15:2 TUHAN itu kekuatanku dan mazmurku, Ia telah menjadi keselamatanku. Ia Allahku, kupuji Dia, Ia Allah bapaku, kuluhurkan Dia.
15:3 TUHAN itu pahlawan perang; TUHAN, itulah nama-Nya. (baca ayat seluruhnya di Pasal 15 ini yang keseluruhannya menuliskan syair puji-pujian bagi Allah)
Hal tersebut dikonfirmasi kembali dalam Perjanjian Baru :
* Wahyu 15:3LAI TB,
Dan mereka menyanyikan nyanyian Musa, hamba Allah, dan nyanyian Anak Domba, bunyinya: "Besar dan ajaib segala pekerjaan-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa! Adil dan benar segala jalan-Mu, ya Raja segala bangsa!" KJV,
And they sing the song of Moses the servant of God, and the song of the Lamb, saying, Great and marvellous are thy works, Lord God Almighty; just and true are thy ways, thou King of saints. TR,
και αδουσιν την ωδην μωσεως δουλου του θεου και την ωδην του αρνιου λεγοντες μεγαλα και θαυμαστα τα εργα σου κυριε ο θεος ο παντοκρατωρ δικαιαι και αληθιναι αι οδοι σου ο βασιλευς των αγιωνTranslit interlinear,
kai {dan} adousin {mereka menyanyikan} tên ôdên {kidung} môseôs {Musa} doulou {hamba} tou theou {Allah} kai {dan} tên ôdên{kidung} tou arniou {anak domba} legontes {berkata} megala {besar} kai {dan} thaumasta {menakjubkan} ta erga {perbuatan} sou {-Mu} kurie {wahai Tuhan} ho theos {Allah} ho {Yang} pantokratôr {Mahakuasa} dikaiai {adil} kai {dan} alêthinai {benar} hai hodoi {jalan} sou {-Mu} ho basileus {Raja} tôn {Yang} hagiôn {Kudus}Banyak sekali terdapat syair nyanyian-nyanyian di dalam Alkitab, misalnya Nyanyian Debora (Hakim pasal 5), Nyanyian Maria (Lukas 1:46-55), Nyanyian Daud Daud (2 Samuel 23). Dan yang paling jelas adalah Kitab Mazmur yang memang berisi syair-syair nyanyian untuk peribadatan. Kata Indonesia "Mazmur" yang lewat bahasa Arab berasal dari bahasa Etiopia, bersangkutan dengan kata Ibrani
מזמור - MIZMOR.
* Mazmur 68:5LAI TB,
Bernyanyilah bagi Allah, mazmurkanlah nama-Nya, buatlah jalan bagi Dia yang berkendaraan melintasi awan-awan! Nama-Nya ialah TUHAN; beria-rialah di hadapan-Nya! 68:4 KJV,
Sing unto God, sing praises to his name: extol him that rideth upon the heavens by his name JAH, and rejoice before him.NIV,
Sing to God, sing praise to his name, extol him who rides on the clouds -- his name is the LORD -- and rejoice before him.Hebrew,
שִׁירוּ ׀ לֵאלֹהִים זַמְּרוּ שְׁמֹו סֹלּוּ לָרֹכֵב בָּעֲרָבֹות בְּיָהּ שְׁמֹו וְעִלְזוּ לְפָנָיו׃Translit,
SYIRU {bernyanyilah} LE'LOHIM {kepada Allah} ZAMERU {mazmurkanlah} SYEMO {nama-Nya} SOLU {angkatlah} LAROKHEV {pada yang mengendarai} BA'ARAVOT {di padang-padang} BEYAH {pada YAH (TUHAN)} SYEMO {nama-Nya} VE'ILZU {dan bersukacitalah} LEFANAV {di hadapan-Nya}Kata
MIZMOR ini menunjuk suatu lagu yang dinjanjikan dengan diiringi bermacam-macam alat-alat musik petik.Sejak semula peribadatan bangsa Israel menggunakan nyanyian (kerap kali seni ini disebut seni sastera pertama dalam salah satu bahasa). Nyanyian ini mengekspresikan rasa keagamaan seni sastera itu dipergunakan. Dan lagu-lagu keagamaan semacam ini dinamakan mazmur. Mazmur-mazmur tersebar di dalam Perjanjian Lama (lihat Ulangan 32:1-43; 1 Samuel 2:1-10; Daniel 3:52-90; 1 Tawarikh 29:10-19; Yeremia 31:10-14) dan masih juga dalam Perjanjian Baru (Lukas 1:68-79; 2:29-32; 1:46-55). Mazmur 68:5 yang dikutip di atas jelas menunjukkan bahwa menyanyi bagi Allah adalah suatu kelaziman dalam peribadatan.
Dan terlebih lagi, di dalam Alkitab-pun tertulis bahwa persekutuan Tuhan Yesus dengan murid-muridNya, dan mereka menyanyikan Hymne :
* Matius 26:26-30
26:26 Dan ketika mereka sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada murid-murid-Nya dan berkata: "Ambillah, makanlah, inilah tubuh-Ku."
26:27 Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: "Minumlah, kamu semua, dari cawan ini.
26:28 Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.
26:29 Akan tetapi Aku berkata kepadamu: mulai dari sekarang Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur ini sampai pada hari Aku meminumnya, yaitu yang baru, bersama-sama dengan kamu dalam Kerajaan Bapa-Ku." 26:30 LAI TB,
Sesudah menyanyikan nyanyian pujian, pergilah Yesus dan murid-murid-Nya ke Bukit Zaitun.KJV,
And when they had sung an hymn, they went out into the mount of Olives. TR,
και υμνησαντες εξηλθον εις το ορος των ελαιωνTranslit interlinear,
kai {dan} humnêsantes {menyanyikan 'hymne'} exêlthon {mereka pergi} eis {ke} to oros {gunung/ bukit} tôn elaiôn {zaitun} υμνησαντες – humnêsantes,
verb - aorist active passive - nominative plural masculine. bentuk jamak, dari kata dasar '
υμνεω - humneô', Leksikon Yunani :
1) to sing the praise of, sing hymns to; 2) to sing a hymn, to sing; a) singing of paschal hymns these were Psalms 113 - 118 and 136, which the Jews called the "great Hallel". Nomina atau kata bendanya adalah '
υμνος - humnos',
hymne, lagu pujian.
υμνησαντες – humnêsantes, "
mereka menyanyikan hymne", jelas tertulis. Menyanyi dalam ibadah sudah menjadi kebiasaan bangsa Israel, Raja Daud adalah seorang penyair dan penyanyi. Menyanyi dalam ibadah bukan ciptaan Paulus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
BERIKAN TANGGAPAN