إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

“Sesungguhnya kamilah yang menurunkan Al-Qur’an dan pasti Kami pulalah yang akan menjaganya.” (QS. Al Hajr: 9)


Sabtu

9 DALAM ISLAM

9 Fakta Sejarah Masa Keemasan Islam Dalam Bidang Sosial

1.    Pada masa Khalifah Umar Ibn Al Khattab, beliau membangun Dar Ad Daqiq (gudang tepung) tersebardi  berbagai kota dan rute perjalanan yang biasa ditempuh para musfir, penuntut ilmu dan para saudagar.Siapa saja diantara mereka yang kehabisan bekal dalam perjalanannya, boleh mengambil bagiannya darilumbung tersebut tanpa dipungut biaya.


2.    Khalifah Walid ibn ‘Abdul Malik membuat kebijakan dengan memberikan kepada setiap orang jompodan orang-orang cacat/buta seorang pelayan untuk membantu mereka menjalankankehidupannya sehari-hari.

3.    Masa khalifah bin Abdul Aziz, tidak seorangpun yang dipandang berhak menerima zakat. Beliau sampaiharus memerintahkan para pegawainya berkali-kali untuk menyeru di tengah-tengah masyarakat ramai,kalau-kalau di antara mereka ada yang membutuhkan harta, namun tidak ada seorangpun yangmemenuhi seruannya.

4.    Pada masa beliau pula tidak ada satu orangpun penduduk Afrika yang mau mengambil harta zakat.

5.    Gaji para pegawai Negara hingga ada yang mencapai 300 dinar (1275 gram emas) atau setara 114.750.000,- rupiah

6.    Masa al Hakim bin Amrillah, di Kairo, khilafah membangun 20.000 unit kios untuk disewakan kepadapara pedagang dengan harga yang murah.

7.    Negara juga membangun perumahan untuk rakyat dan bangunan-bangunan besar yang dilengkapidengan suply air, dengan menyediakan 50.000 ekor unta untuk mendistribusikan air ke perumahan-perumahan rakyat.

8.    Khalifah Sultan Abdul Hamid (1900) berhasil membangun jaringan kereta api Hijaz dari Damaskus ke Madinahdan dari Aqaba ke Maan.

9.    Pada masa beliau juga dibangun jaringan fax/telegraph antara Yaman, Hijaz Syiria, Irak dan Turki; lalu jaringan tersebut dihubungkan dengan jaringan fax India dan Iran, semua jaringan diselesaikan hanya dalam waktu 2 tahun

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

BERIKAN TANGGAPAN