إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

“Sesungguhnya kamilah yang menurunkan Al-Qur’an dan pasti Kami pulalah yang akan menjaganya.” (QS. Al Hajr: 9)


Senin

KISAH NYATA UNTUK KEBENARAN ALLAH ITU TUHAN



DARI KYAI KAMPUNG UNTUK SEMUA YANG FIKIRANNYA TIDAK KAMPUNGAN


DARI KYAI KAMPUNG UNTUK SEMUA YANG FIKIRANNYA TIDAK KAMPUNGAN - Keresahan seorang Kiyai di Jejalen Jaya, Bekasi atas upaya sekelompok orang yang hendak mendirikan gereja dengan cara-cara penuh tipu muslihat, Ia tuangkan dalam sebuah surat yang mengungkapkan perasaan dan pandangannya. Surat ini juga menjadi bukti yang mengungkapkan penolakan warga asli Bekasi terhadap gereja liar HKBP Filadelfhia. ( Arrahmah.com )


http://static.arrahmah.net/images/stories/2012/05/kiyai-kampung-bekasi.png
SURAT TERBUKA KYAI
KAMPUNG
UNTUK SEMUA YANG FIKIRANNYA TIDAK KAMPUNGAN
Diusiaku yang mulai mendekati senja, ingin rasanya aku tetirah tenang, mendekatkan diri keharibaan Illahi Robby, duduk tafakur sembari berdzikir dirumah-Nya yang teduh dan sejuk. Berdo’a, memohon agar kiranya jalan menuju keabadian itu lurus dan terang adanya. Namun ketenangan itu tiba-tiba terusik, karena didepan mataku akan dibangun pintu kemurtadan bagi anak cucuku. Yah, pintu pemurtadan itu tak lain adalah akan dibangunnya Gereja HKBP Philadelfia disudut kampung dekat Perumahan Bekasi Elok 1. Seketika tubuhku gemetar membayangkan anak cucuku melambaikan tangan perpisahan menuju jalan kegelapan.
26 DESEMBER 2005, kuputuskan untuk segera melayangkan surat ke Kepala Desa atas nama Forum Majlis Ta’lim Desa Jejalen Jaya No. 01/FMT-JLJ/2005, yang berisikan pernyataan/ultimatum penolakan atas rencana didirikannya gereja di Kampung Jalen Desa Jejalen Jaya, dengan dilampiri lembar tandatangan jamaah Sebanyak 312 warga Desa Jejalen Jaya. Dengan surat itu kuharap Kepala Desa mengindahkannya dan tidak memberikan ijin kepada Panitia Pembangunan Gereja tersebut.
Dalam pola fikirku yang sederhana, kiranya cukuplah surat itu menjadi bukti bahwa warga menolak, bahwa umat tidak menerima. Namun apa yang terjadi ? Panitia pembangunan gereja yang dibekali modal yang kuat ditengah umat yang imannya kian sekarat, nampak semakin leluasa melangkah bahkan melompat untuk mendapatkan segala sesuatu yang dibutuhkannya. Sementara umat pun kian terjepit dalam jebakan rentenir yang dimainkan oleh mereka, sebagai salah satu strategi untuk memuluskan keinginannya. Meski demikian, dengan sekuat tenaga kucoba untuk melawan dan merangkul saudara-saudaraku di diseluruh kampung-kampung se Desa Jejalen Jaya bahkan saudara-saudaraku di Bekasi Elok 1, Bekasi Elok 2, Permata, Panorama, Bumi Sentosa Asri, Villa 2, Kintamani, bahkan dari kampung-kampung terdekat desaku, Alhamdulillah mereka menyambut ajakanku, karena saudara-saudaraku pun mempunyai pemikiran yang sama denganku ; “Takut bila suatu saat menyaksikan anak cucu melambaikan tangan perpisahan menuju jalan kegelapan”.
14 DESEMBER 2007, hatiku berdebar ketika aku bersama beberapa tokoh agama dan masyarakat lainnya diundang Camat Tambun Utara, A. Djunaedi Rakhman, SE. Dalam pertemuan itu ia bertanya : “Apakah benar, masyarakat desa Jejalen Jaya, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh wanita, setuju akan adanya pembangunan gereja ?Hal ini perlu saya tanyakan karena saya telah menerima surat rekomendasi persetujuan dari Kepala Desa Jejalen Jaya”, ujar Pak Camat.
Pernyataan Pak Camat bagai petir disiang bolong yang mengejutkan bahkan membuat kami semua marah, terutama kepada aparat pemerintahan desa. Pak Camat bertindak bijak dan arif, rapat ditunda dan akan dilanjutkan pekan depan. Meskipun demikian dari pertemuan itu terdapat beberapa notulen antara lain :
  • Warga Desa Jejalen Jaya yang telah menandatangani pernyataan persetujuan atas rencana pendirian Gereja HKBP Filadelfia agar dicek ulang atas kebenaran tandatangan tersebut
  • Ada beberapa warga Desa Jejalen Jaya tidak tahu maksud dan tujuan tandatangannya
  • Ketua dan anggota BPD tidak dilibatkan dalam rencana itu
  • Dan perlu dibentuk Tim Pengecekan Data atas rencana pendirian Gereja HKBP Filadelfia
  • Dan kepada Kepala Desa diperintahkan untuk mengundang Panitia Pembangunan Gereja dalam pertemuan pekan depan.
Dalam pertemuan lanjutan di Aula Desa Jejalen Jaya, pihak panitia pembangunan gereja tidak hadir, meskipun demikian musyawarah terus berjalan. Hasilnya pembangunan gereja HKBP ditolak mentah mentah. Pernyataan penolakan tersebut ditandatangani oleh seluruh perwakilan warga dan instansi terkait yang hadir dalam musyawarah tersebut. Namun demikian, pihak HKBP menolak hasil musyawarah tersebut karena merasa sudah mengantongi 259 dukungan dari warga terutama dari aparat desa.
Selanjutnya kami pun mencari data orang-orang yang dinyatakan mendukung dan tanda tangan diatas materai itu. Kami datangi masing-masing Ketua RT untuk menjadi saksi dan mengundang mereka kerumahnya. Kami hanya ingin menanyakan, “Apakah benar tanda tangan mereka diatas materai ini merupakan persetujuannya akan pembangunan gereja ?”
Diantara mereka kaget dan marah-marah ; “Kalau saya tahu tandatangan diatas materai itu buat persyaratan pembangunan gereja, saya tidak mau tandatangan. Memang waktu itu saya tandatangan disurat pernyataan yang tidak jelas peruntukannya. Surat dikosongin. Saya sempat bertanya, ‘buat apa’ ? Mereka bilang nanti akan dapat uang BLT.”
Lalu kami bertanya lagi kepada warga lain, “Apakah benar tandatangan ini pernyataan setuju akan pembangunan gereja ?, kalau setuju itu hak Saudara”. Kemudian warga itu menjawab, “Saya tidak setuju. Waktu itu saya dikasih uang Rp. 200.000,-, kemudian saya disuruh tandatangan. Begitu saya baca surat pernyataan itu tidak jelas peruntukannya, dikosongin, tidak tahu maksudnya buat apa”. Ada juga warga yang bilang, “Tanda tangan saja, nanti dapat uang pinjaman !”.
Ada yang aneh dari data-data tersebut, orang gagu ada tandatangannya, bahkan warga yang gilapun ada tandatangannya juga. Orang luar Desa Jejalen Jaya juga ada tandatangannya. Dan yanglucu, bahkan benar-benar lucu, orang yang tidak tahu apa-apa, ada tandatangannya juga. Ini benar-benar perbuatan orang-orang yang “biadab”.
Setelah kami mengecek kelapangan, ternyata didusun III dimana lokasi rencana pembangunan gereja HKBP Philadelfia berada, tidak ada jemaat HKBP Philadelfia. Mulai RT 1, 2 & 3 RW 05, RT 6 & 7 RW 06, RT 1, 2 & 3 RW 07, RT 1, 2 & 3 RW 09, termasuk RT 1 s/d 8 RW 10 yang nempel dengan tembok pembatas lokasi rencana gereja, hanya ada 1 KK yakni kelurga “S”. Begitu juga di Dusun 1 Kampung Kebon dan Kampung Gondrong, mulai dari RW 01, 02, dan 03, yang jauh dari lokasi. Sedangkan di Dusun II RT 1, 2 & 3 RW 04 Desa jejalen Jaya tidak ada jemaat HKBP Philadelfia. Jemaat HKBP Philadelfia hanya dari luar Desa Jejalen Jaya. Sebahagian besar dari Perumahan Villa Bekasi Indah 2 Desa Sumber jaya Kecamatan Tambun Selatan, dan yang lain dari Perumahan Graha Prima dan sekitarnya, Desa Mangun Jaya Kecamatan Tambun Selatan dan Desa Satria Jaya Kecamatan tambun Utara.
Lalu ...
“Bukankah hak dan kewajiban kami untuk berjuang menyelamatkan Aqidah anak cucu kami ?”.
Hormat Saya,
ttd
H. Naimun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERIKAN TANGGAPAN