إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

“Sesungguhnya kamilah yang menurunkan Al-Qur’an dan pasti Kami pulalah yang akan menjaganya.” (QS. Al Hajr: 9)


Kamis

KUPS

tasawuf adalah metode atow cara untuk menyucikan hati/batin/rohani dari penyakit seperti tamak-iri-cinta dunia..dalam hal men-sucikan hati/rohani tentulah menjadi tujuan dari banyak agama bahkan mungkin orang2 yang berpikiran normal meski gak mengakui tuhan atow menolak agama/ajaran..
kebahagiaan/kedamaian adalah tujuan akhir yang ingin dicapai oleh tasawuf..tujuan akhir agama manapun tetaplah sama meski dibingkai dalam dekorasi yang berbeda..ridlo allah-nibbhana-moksa-surga adalah akhir dari suatu perjalanan jiwa..

sufi lahir berdasarkan sunnah rasulullah.. wajib untuk bersungguh-sungguh terhadap allah merupakan aturan di antara generasi awal islam, yang bagi mereka adalah sebuah keadaan yang tak bernama, kemudian menjadi disiplin tersendiri ketika mayoritas masyarakat mulai menyimpang dan berubah dari keadaan ini..dan dalam pembahasan ini,kristen sebenarnyah mengajarkan metode penyucian jiwa dengan manhaj yesus..
masih ada benang merah yang menghubungkan antara islam dan kristen.secara teologi, keduanya berkeyakinan bahwa Tuhan bukanlah produk imajinasi kreatif manusia..bukan pula fakta objektif yang bisa ditemukan melalui pemikiran rasional biasa. Tuhan bersifat transenden ( susah dijangkau karena bersifat ghaib ) dan imanen..

menurut islam,secara terminologi Tasawuf juga tidak ditemukan definisi tunggal yang bisa mewakili..Sebab seorang sufi adalah “ibnu waktihi”. Artinya, ketika berbicara sangat kondisional sekali, tergantung maqom yang ia pijak saat itu. Jika ia tengah dalam kondisi fana’ misalnya, maka Tasawuf didefinisikan seperti perkataan As-Syibli, ia adalah kilatan guntur yang membakar..Maksudnya adalah cahaya Ilahi yang dipancarkan kepada jiwa seorang sufi sehingga mampu menghempaskan wujud selain daripada Allah Swt, tinggal yang tersisa hanya Ia semata-mata..dirinya (AKU) telah tiada dan yang tersisa di dalam batinnyah hanyalah DIA..

dan kristen menyatakan Mistisisme Kristen (tasawuf) adalah cabang ilmu yang bertujuan menjangkau Tuhan yang bersifat transenden, Maha Tinggi, melalui kemanunggalan manusia dengan Tuhan yang harus dimulai melalui tahapan-tahapan tertentu. sebuah ujian dari Tuhan melalui manunggalnya batin manusia dengan Tuhan sehingga akan tersigkap rahasia-rahasia ilahi. Namun perlu dicatat, bahwa cara Mistisisme dalam menghampiri sang “Mutlak” adalah melalui jalan manunggal dengan tuhan alias yesus bukan langsung dengan bapa..inilah jurang lebar yang mustahil dapat disatukan..

perbedaan antara Tasawuf Islam dan Mistisisme Kristen kian diperjelas dengan bentuk menghampiri Tuhan dalam Tasawuf Islam yang tidak selamanya sama..harus terjadi peleburan antara batin manusia dengan wujud Allah yang berakhir dengan Tauhid.. adalah fana’( lebur atau musnah ). Dalam Tasawuf Islam, fana’ adalah bentuk menghampiri allah yang dikenal cukup radikal. Namun demikian, tidak semestinya ia bersifat metafisika seperti hulul ( manunggal ) akan tetapi lebih bermakna positif. Sebab lawan kata dari fana’ adalah baqo’ ( abadi ).. bila seorang salik (penuntut ilmu/orang yang sedang melakukan usaha men-sucikan diri) maka wajib baginyah untuk meleburkan ( me-fana-kan ) sifat marah, dengki, hasut, dst, maka yang tertinggal abadi ( baqo’ ) adalah sifat-sifat positif dan kebenaran allah ..atau jika seorang sufi memusnahkan nafsu syahwatnya maka yang tertinggal abadi adalah unsur ibadahnya saja. fana’nya seorang sufi dari segala sifat makhluk dan Baqo’nya sifat –sifat Tuhan serta kesaksiannya ( syuhud ) terhadap kebenaran tunggal Tuhan semata-mata adalah bentuk lain cara menghampiri Tuhan yang dikenal dalam Tasawuf sebagai Wihdah As-Syuhud/musyahadah..

seperti yang telah sayah katakan diawal post,kristen sebenarnyah mengajarkan metode penyucian jiwa dengan manhaj yesus..

“Tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepadaku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti, bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa.” (Yohanes 10:38)

“Supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.” (Yohanes 17:21)..
yang sayah kamsut di trit ini bukanlah klenik atow magis,tetapi sangat dekat atau sama dengan pengertian “Misteri kesatuan antara tuhan dan manusia” yang ada di dalam
konsep trinitas..

manusia adalah ego kecil dan merupakan ego yang dibekali kehendak dan pilihan..ketiadaan kehendak dan pilihan akan menjadikan manusia sebagai benda mati..apakah mereka yang tidak beruntung merupakan benda mati?tidak..karena mereka juga dibekali rasa dan fitrah manusiawi..

dengan cara radikal dalam metode,penyucian jiwa tidak memperoleh tempat yang layak..ini bermaksud membunuh naluri alamiah seperti selibat atow kebiri..dengan berpikir radikal telah ditempuh jalan pintas untuk mengangkat manusia sebagai tuhan dalam arti sebenarnyah tanfa kiasan..
sedangkan inti penyampaian tema cinta adalah mencegah diri dari kemungkaran untuk kemudian mengajak orang lain melakukan perbuatan dengan tujuan nan idem..
kristen,sebagaimana klaim selama ini sebagai agama kasih telah ternoda oleh satu pemahaman yang super..
manusia adalah tuhan tetapi bukanlah tuhan..manusia ada karena tuhan..tuhan ada karena dia emang ada..

lanjut..yoh 16 (15) Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku."

fungsi manusia sebagai penguasa bumi yang dianugerahi kemampuan untuk mengoptimalkan sumber daya,dalam konteks ini bicara tentang rasa dan akal..serta beberapa manusia diberi kemampuan untuk melakukan di luar kewajaran namun patut dicatat bahwa sekalipun seseorang mampu berbuat di luar batas kewajaran maka itu harus dipandang sebagai "aku di dalam bapa"..Aku dan Bapa adalah satu," (Yoh. 10.30)..
pengertian secara sempit akan menyatakan bahwa pembicara (yesus) adalah bapa namun pada prinsip rohani itu bukanlah penafsiran yang tepat karena "aku dan bapa adalah satu" adalah kiasan bahwa aku/pembicara (siapafun dia) telah memahami kehendak dan keinginan tuhan..

yoh 16 (33) Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia."

lantas bugimanah dengan kekalahan dunia?

Yesus dengan tiga orang, yang dikutip oleh Reynold A. Necohlson, demikian: Tiga orang melintas di depan Yesus. Mereka bertubuh kurus dan wajahnya pucat. Mereka ditanya, Apakah yang engkau cari sehingga tubuhmu demikian? Mereka menjawab serentak: Kami takut pada api neraka! Yesus kemudian berkata lagi, Engkau takut pada sesuatu, padahal, sesuatu itu adalah milik Tuhan, sudah barang tentu engkau akan diselamatkannya dari sesuatu yang engkau takuti.

Kemudian Yesus bertemu dengan tiga orang lagi. Tubuhnya lebih kurus, wajahnya lebih pucat. Yesus bertanya kepada mereka, Apakah gerangan yang engkau cari? Mereka menjawab serempak, Kami mencari surga. Yesus pun menjawab, Kamu mencari sesuatu yang diciptakan, namun yang kamu cari itu ciptaan Tuhan. Semoga apa yang kamu cari dikaruniai oleh-Nya.

Yesus masih bertemu lagi dengan tiga orang yang tubuhnya sangat kurus dan wajahnya sangat pucat jika dibandingkan dengan dua rombongan sebelumnya. Sehingga, wajah mereka mirip seperti cermin yang memantulkan cahaya. Yesus kemudian bertanya, Saudara apakah yang membawamu kemari sehingga tubuhmu demikian! Serempak mereka menjawab, Cinta kami kepada Tuhan! Yesus kemudian menimpali mereka, Kalian senantiasa berusaha mendekatkan diri kepada Tuhan maka Dia pun akan selalu mendekati kalian..

Reynold A. Nicholson, al-Sufiyyah fi al-Islam,2002.

kurus dan pucat,adalah suatu ilustrasi dari kurang makan dan kurang tidur..kamsutnyah adalah mengurangi/menekan syahwat dalam hal "makan hanya bila terasa lapar" dan "tidur dalam batas minimal"..mengafa mereka melakukan itu?surga-neraka-cinta adalah tujuan akhir dan mereka dalam proses men-sucikan jiwa..
kemudian..

mencintai dunia adalah kondisi yang berbeda dengan mencintai harta-tahta-wanita..pemujaan HTW adalah bagian kecil dari cinta dunia..hal itu ditekankan oleh yesus bahwa menuju/mencari tuhan dibutuhkan persyaratan nan luas..
Sedemikian juga barang siapa di antara kamu yang tiada meninggalkan segala sesuatu yang dipunyainya, tiada
dapat menjadi muridku.
afa artinyah?
jangan mencintai dengan tanfa batasan..karena sesuatu yang tanfa batas harus dicintai dengan rasa yang tak terbatas..cintailah apa yang ada pada dirimu secara proporsional..bila engkau kehilangan maka jangan sesali..bila engkau mencintai dunia maka selamanyah engkau tidak akan merasakan kenikmatan kasih tuhan..engkau tidak akan pernah berada di dalam bapa..

itu sebuah penjelasan dari apa yang pernah disampaikan yesus,"aku datang bukan dari kerajaan dunia.."
dan kalian,termasuk sayah,bukan datang dari dunia..manusia datang ke dunia dari sebuah realita suci-tak terjamah-tak berawal-tak berakhir..pahamilah kehendak suci maka engkau akan diliputi kesucian dan bila masa itu tiba engkau akan tau "aku di dalam bapa"..

dalam konteks demikian,mengharapkan pujian/perkataan baik dari orang lain tentang perbuatan yang dilakukan seseorang yang mengaku sebagai murid yesus adalah kesalahan..bapa akan menilai perbuatanmu dalam ukuran yang hanya beliow sendiri yang tau..

lanjut..
frontline defender wrote:

"aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diriku sendiri" --> manusia memang tidak sepenuhnya memiliki kehendak bebas, selalu saja ada faktor2 eksternal yang mempunyai pengaruh terhadap bagaimana manusia akan memutuskan!

apa yang dilakukan-Nya adalah bukan tindakan manusia
melainkan tindakan Allah yang Roh-Nya ada dalam diri-Nya
justeru pernyataan keilahian-Nyayang bener itu, pernyataan bahwa beliau tidaklah lebih dari instrumen ilahi! beliau adalah manusia yang Roh-Nya adalah Roh Allah
apa yang diperbuat-Nya adalah apa yang diperbuat Allah
bukan perbuatan (sisi) (ke)manusia(an-Nya)
itu justeru pernyataan keilahian-NyaSEGOROWEDI wrote:

beliau adalah manusia yang Roh-Nya adalah Roh Allah
apa yang diperbuat-Nya adalah apa yang diperbuat Allah
bukan perbuatan (sisi) (ke)manusia(an-Nya)
itu justeru pernyataan keilahian-Nya

Maksudnya gimana nih?

Udah jelas Yesus menyatakan bahwa Beliau tidak dapat berbuat apapun dari dirinya sendiri.
Mengapa malah dianggap Tuhan?itu perbuatan Tuhan yang Roh-Nya ada dalam diri-Nya
bukan perbuatan manusia sebagaimana yang biasa aku atau kamu lakukandan pernyataan "aku di dalam bapa" kemudian "dialah yang menyatakannya" merupakan suatu majaz/gaya basa yang tidak dapat diartikan seperti 1+1=2..
sebuah gaya sastra;
aku membelai laura.laura membelai kucing->dengan harafiah maka dapat dikatakan "aku membelai kucing"..apakah seperti itu?
nalar basa akan menyatakan ; aku memberi perhatian pada kucing karena aku memperhatikan laura dan kegemaran laura adalah membelai kucing..

kamsutnyah sayah,dulu sangat sulit untuk membedakan mana kuasa tuhan dan yang mana hasil sihir..untuk itulah frase "aku menyatakannya" adalah sebuah ungkapan bahwa kalian (hai domba2 israil) pada hari ini menyaksikan kekuasaan tuhan yang sebenarnyah yaitu kelahiranku dan keajaiban2 yang terjadi melalui tanganku..

termasuk dalam hal itu adalah penebusan dosa..
dosa warisan adam adalah keadaan manusiawi bahwa gak bakal ada manusia yang luput dari kesalahan/dosa bahkan sekaliber nabi..perbedaan ada di kadar..seberapa besar harapan dan keyakinan tentang dosa bakal diampuni..
dan the only way saat itu dalam penebusan dosa (bagi domba2 israil) adalah mengikuti jalan yesus..apakah itu?kembali ke syariat yudaism tanfa diikuti khurafat/tahayul model apafun dan bebas prasangka dari klaim "aku lebih suci dari golongan laen"..dan pakem itu wajib diikuti oleh para imam di kuil..

lanjut..
Yohanes 1:18
Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

Allah tidak dapat dilihat/tidak nyata
dalam sosok manusia Yesus, Allah yang tidak nyata terebut
menjadi nyata/dapat dilihat..dan bila "menyatakanyah" itu diartikan hurufiah menjadi "melihat dengan mata fisik" hal ini akan membawa orang ke penurunan tuhan dalam ilmu khayal..tuhan berada di imajinasi orang..anda pernah liat film animasi?betapa hebat fantasi seniman untuk melukiskan berbagai makhluk dengan berbagai karakter dan itu hasil imajinasi..lord of the rings-pirate caribean-avatar dll..
anda bertanya pada sebelah anda ; salahkah jika tuhan divisualkan seperti ini itu?
karena imajinasi adalah sesuatu yang musykil untuk dikendalikan..imajinasi tidak terkurung ruang dan tidak terikat oleh hukum..ya salah sendiri..
ber-ilah fiktif"menyatakannya" pun berarti melalui yesus dari a-z adalah bukti wal tanda kekuasaan tuhan yang berada di luar batas logika manusia..dan melangkah lebih jauh berart pula yesus menjelaskan bahwa kehidupan manusia tidak dibatasi oleh "masa kini" tetapi yesus menyatakan bahwa orang yahudi harus melihat jauh ke depan-setelah mati..ada dengan "pasca kematian"mu?
taurat (pl yang kita baca sekarang) tidak membawa urusan akhirat danurusan itu dikenalkan yesus melalui sitilah "kerajaan surga wal kematian kekal"..

yesus menekankan "hiduplh kamu dibawah hukum taurat" berarti jangan langgar hukum taurat karena disitulah letak kerajaan surga dari bapa-mu..

lanjut..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

BERIKAN TANGGAPAN