إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

“Sesungguhnya kamilah yang menurunkan Al-Qur’an dan pasti Kami pulalah yang akan menjaganya.” (QS. Al Hajr: 9)


Jumat

Analisis Kritis Terhadap Injil Yohanes 10:30

Analisis Kritis Terhadap Injil Yohanes 10:30

Dalam theologi kristen,bahwa yesus itu adalah Allah dan juga roh kudus.Mereka (kristen konservatif),menganggap bahwa yesus dengan Allah dan juga roh kudus adalah satu.Adapun tiga oknum itu adalah satu dan satu adalah tiga.Jika menggunakan metode perhitungan (matematika),bahwa yang namanya 1+1+1=3.Tapi siapapun orangnya (kristen konservatif),maka dia akan menolak jika kita menggunakan metode hitungan seperti itu dalam memahami 3 oknum yang menjadi satu.

Tentang permasalahan itu,saya lebih suka untuk tidak menggunakan metode penjumlahan tapi saya lebih suka hal itu saya anggap bahwa jati diri dari 3 oknum itu terdiri dari satu pertiganya yang jika disatukan menjadi satu.Tapi sekarang,hal itu tidak akan saya bahas dan yang akan saya bahas sekarang adalah mengenai bersatunya yesus dengan Allah.Bersatunya yesus dengan Allah,hal itu seperti halnya dua sisi mata uang logam (menurut mereka).Tapi benarkah yesus dengan Allah memang bersatu seperti itu?
Siapapun orangnya (theolog kristen maupun bukan),tidak akan pernah mendapatkan suatu jawaban yang pasti dan tepat jika dalam menafsirkan ayat-ayat dalam alkitab,jika tidak didukung dengan bahasa dan juga ayat-ayat alkitab lainnya.Karena kita tahu,bahwa injil-injil yang ada bukanlah hasil dari buah karya yesus sendiri dan juga para muridnya yesus yang berjumlah 12 itu (termasuk injil yohanes),tetapi ditulis oleh orang lain.Karena hal itulah,kita harus menggunakan penafsiran satu ayat dengan melihat ayat-ayat lainnya.
Dalam setiap dialog dengan kristen konservatif maupun ketika mereka mengabarkan injil kepada orang lain,mereka selalu menggunakan injil yohanes 10:30 untuk mendukung bahwa yesus dengan Allah itu memang bersatu sebagaimana halnya dua sisi mata uang logam.Adapun isi dari injil yohanes 10:30 itu adalah sebagai berikut: “Aku dan Bapa adalah satu.” Perlu kita pahami,bahwa pada yohanes 10:30 itu hanya ada dua oknum ( yesus dan Allah) yang disebutkan,dan bukan tiga ( yesus-Allah-roh kudus ).
Sebelum saya memberikan penjelasan mengenai hal itu,saya mempunyai beberapa pertanyaan kepada anda.apakah anda pernah mencintai seseorang dalam hidup anda? apakah anda dengan orang yang anda cintai itu,pernah merasakan bersatu?apakah bersatunya itu seperti halnya dua sisi mata uang logam? saya yakin,jika anda sudah pernah mencintai seseorang,sebenarnya jawaban anda itu sama dengan jawaban dari yoh 10:30.Tapi namanya masalah theologi,hal itu tidaklah cukup untuk menjadikan sebagai jawaban yang final atas permasalahan yang ada pada yoh 10:30.
Tahukah anda bahwa yesus pun pernah menyampaikan kesatuannya (sebagaimana yesus dengan Allah-menurut kristen konservatif) kepada Allah untuk para muridnya yang berjumlah 12 itu ? Mari kita simak ayat-ayatnya:
john 17 : 11 Contemporary English Version (CEV) :
” Then they will be one with each other, just as you and I are one. “
john 17 : 9,11 New International Version (NIV) :
” I pray for them………Holy Father, protect them by the power ofyour name, the name you gave me, so that they may be one as we are one. “
john 17 : 20-21 New International Version (NIV) :
My prayer is not for them alone. I pray also for those who will believe in me through their message,that all of them may be one, Father, just as you are in me and I am in you. May they also be in us so that the world may believe that you have sent me. “
john 17 : 22,23,26 New International Version (NIV) :
” I have given them the glory that you gave me, that they may be one as we are one.I in them and you in me so that they may be brought to complete unity. Then the world will know that you sent me and have loved them even as you have loved me……in order that the love you have for me may be in them and that I myself may be in them. “
Dalam ayat-ayat diatas,yesus yang memohon kepada Allah supaya 12 muridnya yesus itu bisa mendapatkan kebaikan serta bisa bersatu (sebagaimana bersatunya yesus dengan Allah).Lalu bersatu seperti apakah yang sebenarnya ? Bersatu dalam hal pikiran dan juga hati (kesamaan tujuan mereka anatar pikiran,perkataan,dan perbuatan) sebagaimana yang terjadi antara yesus dengan Allah.Satu dalam bahasa yunaninya εἷς (hā’s) ,yang mengacu pada dua orang atau hal-hal dapat digunakan untuk menentukan berbagai jenis serikat.Hal ini dapat berarti kesatuan tujuan dalam melakukan sesuatu dan bukan melebur menjadi satu (atas dua orang tersebut).hal itu bisa anda lihat dengan jelas pada ayat dibawah ini:
john 17 : 11,12,21 The Message (MSG) :
” Holy Father, guard them as they pursue this life.That you conferred as a gift through me.So they can be one heart and mind.As we are one heart and mind…. The goal is for all of them to become one heart and mind.Just as you, Father, are in me and I in you.So they might be one heart and mind with us. “
john 17 : 22-23 The Message (MSG) :
” The same glory you gave me, I gave them.So they’ll be as unified and together as we are.I in them and you in me.Then they’ll be mature in this oneness,And give the godless world evidence.That you’ve sent me and loved them.In the same way you’ve loved me. “
Jadi bersatunya yesus dengan Allah dan begitu pula dengan 12 muridnya itu TIDAK BERSATU sebagaimana dua sisi mata uang logam.Hal itu dipertegas dalam ayat-ayat ini :
filipi 2:2 Contemporary English Version (CEV) :
” Now make me completely happy! Live in harmony by showing love for each other. Be united in what you think, as if you were only one person.”
Tapi jika anda (kristen konservatif) masih berpendapat,bahwa yesus (yang tidak lain hanyalah daging) memang bersatu dengan Allah dan menolak atas ayat-ayat diatas yang sudah saya berikan,maka cermatilah ayat ini:
1. Bersatunya suami dengan istri.
genesis 2:24 New International Version (NIV) :
” That is why a man leaves his father and mother and is united to his wife, and they become one flesh. “
mark 10:7-9 New International Version (NIV) :
” For this reason a man will leave his father and mother and be united to his wife,and the two will become one flesh.So they are no longer two, but one flesh.Therefore what God has joined together, let no one separate. “
Ayat diatas memang sama seperti kenyataan sekarang pada umumnya,bahwa seorang pria yang sudah menikah maka dia akan meninggalkan/berpisah dengan ayah dan ibunya dan bersatu dengan istri yang sudah dinikahinya.Pernikahan yang dilakukan,bukan dalam artian bahwa suami-istri (2 tubuh) bersatu menjadi satu tubuh.Tetapi bersatu dalam pemikiran dan tindak tanduknya dalam mengarungi lautan kehidupan rumah tangga.Ayat itu,bisa anda pahami secara luas jika anda pun sudah berumah tangga/menikah.
2. Bersatu dengan pelacur.
1 cor 6:16 New International Version (NIV) :
” Do you not know that he who unites himself with a prostitute is one with her in body? For it is said, “The two will become one flesh. “
Apakah tubuh sipelaku itu memang bersatu tubuhnya dengan tubuh pelacur ? tidak,dalam ayat itu mempunyai makna,bahwa siapapun yang melakukan perbuatan seperti yang dilakukan oleh pelacur maka dia sudah bersatu dengan pelacur (bersatu dalam perbuatan dengan pelacur).
3. Penanam (paulus) bersatu dengan penyiram (apolos).
1 cor 3 : 6 – 8  New American Standard Bible (NASB) :
” I planted, Apollos watered, but God was causing the growth.So then neither the one who plants nor the one who waters is anything, but God who causes the growth.Now he who plants and he who waters are one; but each will receive his own reward according to his own labor. “
Apakah paulus (yang menanam) dengan apolos (yang menyiram) ,tubuh mereka menjadi satu tubuh ? tidak,sebab ayat itu mempunyai makna bahwa paulus dengan apolos adalah rekan kerja (ayat 9) dalam melakukan pelayanan Tuhan (ayat 5) yang dalam pelayanannya itu mereka satu tujuan.
Banyak ayat-ayat didalam alkitab,yang menggunakan εἷς (hā’s-satu) pada kalimatnya,yang hal itu mempunyai makna seperti yang sudah saya bahas.Adapun ayat-ayat itu adalah :
1. (Mat 5:18 – Mat 20:13)
2. (Mat 20:21 – Mar 5:22)
3. (Mar 6:15 – Mar 15:36)
4. (Luk 4:40 – Luk 18:22)
5. (Luk 20:3 – Jhn 13:21)
6. (Jhn 13:23 – Act 21:26)
7. (Act 23:6 – 1Cr 10:17)
8. (1Cr 11:5 – Eph 4:6)
9. (Eph 4:7 – Rev 6:1)
10. (Rev 7:13 – Rev 22:2)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

BERIKAN TANGGAPAN