إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

“Sesungguhnya kamilah yang menurunkan Al-Qur’an dan pasti Kami pulalah yang akan menjaganya.” (QS. Al Hajr: 9)


Kamis

sekilas yesus menurut sejarah


telusuri ke belakang, ternyata gambar-gambar wajah Yesus yang bukangambar-gambar dari Zaman Barok cukup banyak tersedia, yang memperlihatkan Yesus bukan seorang kulit putih, berambut pirang dan bermata biru. Perhatikanlah gambardan patung di bawah ini, yang lebih mirip dengan gambar patung Yesus dari Nazaret yang dihasilkan tim BBC di atas. Wajah Yesus berkulit gelap kehitaman dengan sepasang mata hitam di atas ini berasaldari sebuah gereja di Roma, dari kurun tahun 530 M. Gambar ini sama sekali tidak mirip dengan gambar wajah Yesus Zaman Barok manapun yang dilukis jauh lebihkemudian.
Patung seorang perempuan di atas ini terkenal sebagai Black Madonna, Bunda Maria Hitam,yang sedang memangku kanak-kanak Yesus yang tentu saja juga berkulit hitam. Patung ini bukanlah patung-patung yang dibangun di zaman modern untuk mempropagandakan TeologiHitam sebagaimana dihayati banyak orang Kristen kulit hitam di Afrika maupun di Amerika
 
Utara oleh modern black Americans. Patung-patung Madonna Hitam semacam ini, ada yangdibuat dari kayu dan ada juga yang dari batu, jumlahnya sampai lima atau enam ratusan lebihdan dibuat pra-zaman Barok, pada zaman Abad Pertengahan (abad ke-11 sampai abad ke-15),dan sekarang ini tersebar di banyak gereja, kuil, tempat suci dan museum di banyak kota diEropa Barat, mula-mula dibuat di Italia pada abad ke-13 atau abad ke-14. Mengapa keduanya berkulit hitam? Salah satu penjelasan yang paling masuk akal adalah bahwa Black Madonnamenampilkan warna kulit yang sebenarnya dari Bunda Maria dan puteranya, Yesus.Perhatikan raut wajah Yesus dari Ethiopia abad ke-17 atau abad ke-18 pada gambar di atas ini.Kulit wajahnya berwarna sawo matang, dengan rambutnya hitam kelam tebal dan sepasang bijimatanya berwarna hitam. Wajah Yesus Ethiopia abad ke-17 ini sama sekali tidak mirip denganwajah Yesus Zaman Barok.Di atas ini adalah sebuah lukisan wajah Yesus berkulit gelap, berambut hitam tebal kusut dan bermata hitam, dari tahun 1960. Wajahnya hampir serupa dengan wajah Yesus yang dibangunoleh tim BBC di atas.Apa kesimpulan yang bisa ditarik?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

BERIKAN TANGGAPAN